Apa itu Jasa SEO dan Siapa Saja yang Membutuhkannya?

Henry Chan SEO
5 min readMar 22, 2021

Sebelum kita membahas apa itu jasa SEO, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu SEO (Search Engine Optimization) dan bagaimana SEO bisa membantu para pemilik bisnis.

Memulai bisnis di era transformasi digital tidak mudah meski ada internet. Internet saat ini mempermudah konsumen karena dapat melakukan riset produk atau jasa via internet sebelum melakukan pembelian. Untuk itulah, pemilik bisnis harus dapat menyesuaikan pola konsumen dengan membangun brand awareness di dunia maya.

Brand awareness dikenal sebagai tahap pengenalan produk atau jasa kepada konsumen sampai konsumen menggunakannya. Pada era digital seperti ini, pemasaran bisnis secara online membutuhkan pengelolaan blog dan situs web yang aktif menggaet konsumen untuk mengenal produk.

Salah satu langkah untuk membangun brand awareness adalah memastikan blog atau situs web Anda bisa tampil di halaman pertama mesin pencari saat konsumen melakukan pencarian terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan. Upaya untuk mengoptimasi situs web ini dikenal dengan istilah Search Engine Optimization (SEO).

SEO biasanya mencakup teknis optimasi keyword yang telah diriset. Situs web yang telah teroptimasi dengan baik, akan muncul di posisi teratas halaman search engine, seperti Google, Yahoo, atau Bing. Untuk mendapatkan lalu lintas pengunjung dan brand awareness yang meluas melalui situs web, maka salah satu faktornya adalah optimasi SEO yang efektif.

Beberapa digital marketer menyediakan jasa SEO untuk membantu pebisnis atau pengelola blog mengoptimasi situs mereka agar mampu meraih peringkat yang tinggi di mesin pencari. Memaksimalkan SEO untuk meraih engagement memerlukan bantuan profesional, seperti agensi SEO yang secara khusus menawarkan layanan jasa SEO.

Apa itu Jasa SEO?

Jasa SEO adalah layanan optimasi blog atau situs web untuk menarik traffic dari search engine. Salah satu mesin pencari, Google, biasanya menggunakan 200+ faktor untuk memeringkat sebuah situs web, seperti kegunaan situs web, kecepatan situs web, usia domain, dan masih banyak lainnya.

Belum lagi, menurut SearchEngineLand.com, Google diketahui memperbarui algoritmanya setidaknya 500 hingga 600 kali dalam setahun! Karena itulah diperlukan profesional yang bisa membantu meningkatkan peringkat dan mengonversi lebih banyak pengunjung pada situs web. Perusahaan yang memfokuskan branding lewat mesin penelusuran seperti Google akan bergantung pada SEO.

Siapa Saja yang Membutuhkan Layanan Jasa SEO?

Jawabannya, banyak.

Selama produk atau jasa yang ditawarkan bisa dipasarkan secara online, khususnya melalui mesin pencari, maka kebutuhan akan SEO adalah keniscayaan.

Simak contohnya di bawah ini.

Bisnis kecil dan perusahaan rintisan biasanya memerlukan SEO untuk melakukan pemasaran efektif melalui mesin pencarian. Perusahaan rintisan dan bisnis kecil dapat membangun brand awareness dari SEO untuk menekan biaya pemasaran yang tinggi. Dengan menggunakan SEO, pebisnis dapat menargetkan audiens yang sama dengan perusahaan-perusahaan besar.

Selain itu, pemilik bisnis restoran dan kafe juga dapat menggunakan jasa SEO untuk memperluas jangkauan layanannya, sehingga pelanggannya tidak hanya bergantung pada warga di area sekitar lokasi restoran atau kafe tersebut.

Maksudnya bagaimana?

Sebagai contoh, misalkan Anda adalah seorang pemilik restoran di Jakarta dimana menu favorit yang disajikan adalah sop buntut.

Apa yang akan terjadi jika seseorang mengetikkan kata kunci “sop buntut enak di Jakarta” dan website Andalah yang tampil di halaman pencarian tersebut? Kemungkinan besar orang tersebut akan mengunjungi restoran Anda meski pun mereka bukan berasal dari area dimana restoran Anda beroperasi! Bahkan, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa menjangkau mereka yang bukan warga Jakarta.

Contoh berikutnya, perusahaan jasa desain interior. Perusahaan ini juga merupakan salah satu jasa yang banyak dicari di Google. Setiap bulannya tidak kurang dari 2900 orang yang membutuhkan jasa ini. Bayangkan jika website Andalah yang paling pertama ditemukan.

Tidak hanya ketiga bisnis itu saja, hampir semua bisnis yang ingin memasarkan produk atau jasa sekaligus awareness dari konsumen melalui mesin pencarian memerlukan SEO. Strategi SEO terbaik membantu pebisnis meningkatkan peringkat situs web pada hasil pencarian Google. Itulah mengapa sangat penting untuk memilih profesional yang mampu mengoptimalkan SEO.

Bagaimana Lingkup Kerja Agensi SEO?

Agensi SEO membantu meningkatkan traffic ke situs web. Biasanya penyedia layanan akan menawarkan jasa optimalisasi SEO dengan berbagai strateginya. Agensi SEO merupakan penyedia jasa yang dapat dipercaya karena memiliki strategi dan taktik SEO dibandingkan seorang konsultan SEO.

Jika pemilik bisnis menginginkan jasa SEO jangka panjang dan cakupan luas, maka berkolaborasi dengan agensi SEO merupakan pilihan yang tepat. Agensi biasanya memiliki resources data yang lebih lengkap.

Agensi memiliki SEO specialist yang berkutat pada optimalisasi mesin penelusuran untuk pemasaran yang lebih baik. Pemilik bisnis akan dibantu mengenai SEO copywriting, desain, serta teknik pemasaran untuk meningkatkan lalu lintas situs web.

Agensi SEO meriset dan mengaudit kualitas konten agar muncul dalam SERP atau Search Engine Result Pages. Mereka juga memiliki kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan algoritma dan mekanisme pola konsumen dalam mencari produk atau jasa di internet.

Secara garis besar, agensi SEO membantu pemilik bisnis untuk mengembangkan bisnis sesuai prospeknya. Beberapa jenis layanan ditawarkan agensi SEO dalam mengelola situs web seperti SEO on-page, SEO off-page, dan SEO audit.

SEO on-page mengoptimalkan penampilan situs. Tampilan situs web akan berpengaruh pada pengembangan SEO, seperti memperhatikan deskripsi, judul situs web, dan kontennya.

Berbeda dengan SEO off-page yang digunakan untuk meningkatkan SEO situs web di luar halaman situs web. SEO off-page merupakan aktifitas untuk mendapatkan backlink dan sosial media. Backlink umumnya ditemui sebagai link referensi domain sebuah situs web agar mudah ditemui oleh pengguna.

Yang tidak kalah pentingnya dibanding kedua strategi SEO di atas adalah SEO audit. SEO Audit merupakan aktivitas menganalisis performa situs web. Analisis ini digunakan untuk memastikan “kesehatan” situs web kita sehingga memiliki peluang yang lebih baik untuk bisa tampil di halaman pencarian Google.

SEO audit ini dapat disebut sebagai evaluasi situs web dari aspek SEO. Identifikasi masalah yang mempengaruhi kinerja situs web akan sangat berguna untuk mengetahui kelemahan dari situs web tersebut.

Kegiatan SEO audit biasanya dilakukan secara rutin untuk memaksimalkan performa dalam jangka panjang. Biasanya agensi SEO memberikan layanan SEO On-page, SEO Off-page, dan SEO Audit untuk para klien.

Tidak hanya tentang SEO, agensi SEO biasanya juga menawarkan jasa SEM (Search Engine Marketing). SEM dapat membantu pebisnis untuk meningkatkan awareness, traffic, dan rate konversi.

Keduanya dapat berjalan maksimal dalam jangka panjang, karena SEM focus pada traffic berbayar sedangkan SEO fokus pada traffic organik melalui organic channel seperti search engine, situs web, media sosial, dan forum online. Salah satu metode SEM yang banyak dilakukan adalah melalui iklan di Google Ads.

Mengapa Agensi SEO sangat Penting Bagi Pebisnis?

Untuk mengoptimasi situs web dengan hasil yang maksimal diperlukan waktu, konsistensi, dan proses yang tidak singkat. Dengan optimasi yang maksimal, situs web akan semakin mudah ditemukan dalam mesin pencarian. Pengguna akan semakin familiar dengan produk atau jasa yang ditawarkan pemilik bisnis.

Agensi SEO menawarkan layanan optimasi SEO situs web agar brand awareness dan jumlah kunjungan ke situs Anda meningkat yang berarti jumlah leads pun bertambah.

Namun, meningkatkan traffic situs web dengan metode SEO bukan hal yang mudah. Misalnya, perlu adanya riset keyword, backlink sourcing, site auditing, dan riset kompetitor.

Disinilah peran dari sebuah agensi SEO. Layanan agensi SEO membantu pebisnis untuk meriset keyword. Riset keyword atau kata kunci adalah keharusan untuk meningkatkan jumlah kunjungan situs web.

Kesimpulan

Setiap produk dan jasa yang dijual melalui internet, akan bersaing ketat dengan berbagai produk lain. Jasa SEO memberikan pelayanan bagi pemilik bisnis untuk meningkatkan daya saing di antara pebisnis lainnya dengan meningkatkan traffic menggunakan taktik dan strategi SEO yang teruji.

Pebisnis dari berbagai ceruk dapat memanfaatkan layanan SEO untuk meningkatkan brand awareness, traffic, lead, hingga penjualan yang meningkat. Keuntungan jangka panjang diperoleh pemilik bisnis jika menggunakan jasa SEO yang tepat dan profesional.

Semoga bermanfaat!

--

--

Henry Chan SEO
0 Followers

HCSEO.id adalah sebuah SEM & SEO agency yang berlokasi di Jakarta. Layanan yang diberikan meliputi konsultasi Search Engine Marketing dan penyedia jasa SEO.